PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP YP PGRI 4 MAKASSAR
Keywords:
Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Prestasi BelajarAbstract
The Influence of Learning Motivation and Learning Style on the Achievement of Social Studies of Grade IX Students of SMP YP PGRI 4 Makassar. The purpose of this study was to determine the influence of learning motivation and learning style on the achievement of social studies of grade IX students of SMP YP PGRI 4 Makassar. The type of quantitative research. Data collection in the form of questionnaires and questionnaires and documentation. the number of population in this study was 39 and the samples taken were 39. Data analysis used multiple linear regression analysis tools. The results of this study indicate that learning motivation has a significant positive effect on learning achievement, because it obtains a Tcount value of 3.140> Ttable 1.688 and a significance value of 0.003 <0.05; Learning style does not have a significant positive effect on learning achievement, because it obtains a tcount value of -1.980 <ttable 1.688 and a significance value of 0.55> 0.05; Learning motivation and learning style simultaneously have a significant positive effect on learning achievement, because the F count value is 5.815, which is greater than the F table of 3.259 and the sig value is 0.006 <0.05 for IPS students in class IX of SMP YP PGRI 4 Makassar.
References
Adiningrum, A. N. (2013). Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMKN 22 Jakarta Timur. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Skripsi, Jakarta: Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Program studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan reliabilitas angket motivasi berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263-268.
Amalia Mailiza. (2017) pengaruh motivasi belajar, budaya sekolah, dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Metta Maitreya Pekan Barru. PEKBIS, 9 (2) 114-124.
Darmawati, J. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri KotaTuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan.,1(1), 79-90.
Damayanti, E. Santosa, A. B. Zuhrie, M. S & Rusimamto, P. W. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. jurnal pendidikan teknik elektro,9(3),639-645.
Dimyati, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan Pendekatan Pembelajaran.
Fajri, M., & Jelatu, H. (2024). Pengaruh Digitalisasi Pembelajaran, Kompetensi Profesional Dan Komitmen Kerja Dimoderasi Oleh Budaya Organisasi Terhadap Prestasi Siswa (Studi Empiris Pada Smp Negeri Di Kota Makassar). Jurnal Humaniora Dan Sosial Sains, 1(1), 111-124.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.
Hamzah B Uno. 2006. Teori Motivasi dan pengukurannya: PT. Bumi Aksara.
Ayu, Hariyati, Eka, dan Safitri (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII MTs Ahmad Yani Jabung Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Skripsi.
Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.
Jelatu, H., & Ramdani, U. A. (2024). Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru Melalui Kompetensi Dan Disiplin Kerja (Studi Kasus Pada Smk Negeri Kota Makassar). Jurnal Humaniora Dan Sosial Sains, 1(1), 84-97.
Jelatu, H., Septikasari, D., & Witriah, W. (2024). Socialization of the Benefits of Continuing Higher Education at the Jayapura Regional Development Agricultural Vocational School. Journal of Universal Community Empowerment Provision, 4(1), 32-35.
Danang Indarto. (2012). Pengaruh gaya belajar dan motivasi terhadap keberhasilan belajar praktik instalasi listrik di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Tesis
Oemar, Hamalik. 2003. Metode Belajar dan Kesulitan-belajar Belajar.Bandung Remaja karya.
Kahar, I. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas X Terhadap Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli SMANegeri 18 Luwu
Meiriska Abdiyanti (2020). “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota Kabupaten KAMPAR “Skripsi (Fakultas Tarbiyah Dan Kuguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Mu’anisah. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS UIN Maulana Ibrahim Malang Pada Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid 19. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiayah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Matsum, J. H. Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMAN 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 2 (12).
Nawawi, Khoiru. 2016. Pengaruh Kebiasan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Gugus Dewi Sartika dan Gugus Hasanudin Kota Tegal.Skripsi, Jurusan Pendidkan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Semarang.
Naini, Alfiah Nur. (2019). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika siswa kelas V SDN Gugus cakra kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Sarjana pendidikan. Universitas Negeri Semarang.
Novitasari, A. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Motivasi Dan Prestasi Siswa DI MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung.
Papilaya, Jo, & Huliselan, N. (2016). Identitas Gaya belajar Siswa. jurnal psikologi Undip, 15 (1), 56-63.
Pramana, Fikri Hadyan (2023). Skripsi. Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Pada Siswa Kelas IV SDIT Al-Istiqomah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Rahayu, Mita Dwi Putri. (2019). Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada Mata pelajaran Ski Di Mts Sunan Giri kabupaten kediri tahun ajaran 2018/2019. Skripsi.
Rejeki, S. (2012). Pengaruh Kondisi Ekonomi keluarga, Motivasi Belajar, dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 1(1).
Ramadhan, R. A., & Jelatu, H. (2024). Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial Pada Pondok Pesantren Modern Tahfidzul Qur’an Muhammadiyah Boarding School (Mbs) At Tanwir Mamuju. Jurnal Humaniora Dan Sosial Sains, 1(1), 98-110.
Setyawati, N. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI di SMA N 3 Dumai. Jurnal Tafidu, 1(1), 219-228.
Sadirman, A.M. (2018) Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar (Edisi revisi) Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R& D. Alfabeta, Bandung.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
W.S Winkel. (2009). Psikologi Pengajaran.Jakarta: Gramedia
Wiedarti, P. (2018). Seri manual GLS: Pentingnya Memahami Gaya Belajar.
Widarto. (2013). Penelitian Ex Post Facto. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Yogyakarta.
Yanti, F. A., Sulistiani, I. R., & Sulistiono, M. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Di Man Kota Batu. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 4(4), 8-18.