TRANSFORMASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ERA DIGITAL: PERSPEKTIF KOMUNIKASI WHATSAPP DI LINGKUNGAN KAMPUS

Authors

  • Anhar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan Author

Keywords:

Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Komunikasi Mahasiswa dan Dosen, WhatsApp

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mwndeskripsikan, dan menganalisis nilai nilai pendidikan karakter dalam komunikasi menggunkan WhatsApp yang dilakukan antara mahasiswa dan dosen. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode  membaca. Data berasal dari komunikasi teks percakapan mahasiswa Program Studi Manajemen  di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan menggunakan WhatsApp. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, pembacaan, dan pencatatan. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter seperti religiusitas, nasionalisme, integritas, kemandirian, dan kerja sama teridentifikasi dalam komunikasi tersebut. Namun, nilai-nilai seperti cinta lingkungan, loyalitas, anti-korupsi, antidiskriminasi, dan antikekerasan tidak ditemukan. Fungsi komunikasi yang teridentifikasi mencakup fungsi edukatif, religius, sosial, dan budaya. Penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi WhatsApp antara mahasiswa dan dosen tidak hanya menjadi media informasi akademik, tetapi juga sarana internalisasi nilai-nilai karakter, meskipun beberapa nilai penting masih kurang tercermin.

References

Adeliza. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari dan Kontribusinya dalam Materi Pembelajaran Sastra di SMA (Kajian Semiotik). Universitas Negeri Makassar.

Annamalai, N. (2019). Using WhatsApp to extend learning in a blended classroom environment. Teaching English with Technology, 19(1), 3-20.

Bouhnik, D., & Deshen, M. (2014). WhatsApp goes to school: Mobile instant messaging between teachers and students. Journal of Information Technology Education: Research, 13, 217-231.

Chaer, A., & Agustina, L. (2014). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Rineka Cipta.

Chaka, C., & Govender, I. (2020). Students' perceptions and readiness towards mobile learning in colleges of education: a Nigerian perspective. South African Journal of Education, 40(1), 1-13.

Gon, S., & Rawekar, A. (2017). Effectivity of E-Learning through Whatsapp as a Teaching Learning Tool. MVP Journal of Medical Sciences, 4(1), 19-25.

Hamad, M. M. (2017). Using WhatsApp to Enhance Students' Learning of English Language "Experience to Share". Higher Education Studies, 7(4), 74-87.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mpungose, C. B. (2020). Is Moodle or WhatsApp the preferred e-learning platform at a South African university? First-year students' experiences. Education and Information Technologies, 25, 927-941.

Nurhayati, D. A. W., Sari, L. D. K., & Nugroho, A. (2021). The Use of WhatsApp in Collaborative Learning to Improve English Teaching and Learning Process. International Journal of Engineering, Science and Information Technology, 1(1), 1-7.

Nurohmah, S. (2019). Nilai-nilai Pendidikan Karater dalam Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Putri, R. A. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Karakter yang Terkandung dalam Buku La Tahzan karya Aidh Al-Qarni. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sa'diah, R., Alfisyah, A., & Rosyadi, I. (2022). Perilaku Asosiatif dan Disosiatif Mahasiswa dalam Menggunakan Grup WhatsApp. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 31(1), 59-67.

Sari, F. M., & Putri, S. N. (2019). Academic Whatsapp Group: Exploring Students' Experiences in Writing Class. Teknosastik, 17(2), 56-65.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

23-08-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

TRANSFORMASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ERA DIGITAL: PERSPEKTIF KOMUNIKASI WHATSAPP DI LINGKUNGAN KAMPUS. (2024). Jurnal Humaniora Dan Sosial Sains, 1(1), 57-64. https://humaniorasains.id/jhss/article/view/26

Similar Articles

1-10 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.