PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL DAN PERAN PEMENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LABUBU
Kata Kunci:
Pemasaran Media Sosial, Pemengaruh, Keputusan Pembelian, LabubuAbstrak
Industri pemasaran kian melibatkan berbagai aspek untuk memberikan dampak terhadap berbagai objektif perusahaan. Perusahaan pada industri apapun telah melibatkan media sosial sebagai wadah pelaksanaan kegiatan pemasaran, serta para pemengaruh untuk meningkatkan kredibilitas pesan. Penelitian dilakukan untuk mengukur hubungan dan kontribusi pemasaran media sosial dan peran pemengaruh terhadap keputusan pembelian. Adapun objek penelitian adalah merek Labubu yang mengalami lonjakan pembelian tinggi pada tahun 2024. Sejumlah 97 responden yang memenuhi kriteria karakteristik sampel telah mengisi kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. Penelitian dilaksanakan di Jakarta kepada para responden yang telah berkeputusan melakukan pembelian produk merek Labubu. Simpulan penelitian menunjukan bahwa pemasaran media soaial dan peran pemengaruh, keduanya secara parsial memberikan pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian Labubu. Kedua variabel tersebut turut memberika pengaruh positif signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian produk merek Labubu.
Referensi
Andreani, F., Gunawan, L., & Haryono, S. (2021). Social media influencer, brand awareness, and purchase decision among Generation Z in Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 23(1), 18–26.
Barus, C. S., & Silalahi, D. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sosmed Cafe Abdullah Lubis Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1-15.
Fenny, F., & Suryati, L. (2024). The influence of social media marketing, product quality, and influences on Brand X purchasing decisions. International Journal of Multidisciplinary Studies (IJMS), 5(6). https://doi.org/10.38035/dijms.v5i6
Huang, J. (2024). The impact of blind box economy on consumer behavior in social media networks. Highlights in Business, Economics and Management PGMEE, 41.
Lin, J. (2024). Effect of Product Packaging on Consumer Behaviors. In 2024 9th International Conference on Social Sciences and Economic Development (ICSSED 2024) (pp. 265-271). Atlantis Press.
Muthohar, A. F., & Hartono, B. (2023). Pengaruh digital konten marketing media sosial TikTok terhadap brand image produk Scarlett Whitening (Studi kasus pada mahasiswa UNTIDAR). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Sosial (EMBISS), 3(3), 308–315. https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/229
Panjaitan, T. N., Winarko, H. B., Yudhi, L., & Felita, D. (2025). Oswald's Marketing Semiotics Analysis: Cultural Elements in Marketing Communication at the" Bajawa Flores NTT" Café. Journal of Public Representative and Society Provision, 5(2), 248-258.
Purba, D. G., & Nurbasari, A. (2024). The influence of social media marketing and influencer marketing on consumer purchasing decisions for Azarine skincare products at Maranatha Christian University. Jurnal Sekretaris dan Administrasi Bisnis, 8(2). https://doi.org/10.31104/jsab.v8i2.467
Putri, S. M., & Rosmita. (2024). Pengaruh influencer marketing terhadap minat beli konsumen pada toko Sneakerspku9. Jiabis: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis & Ilmu Sosial, 2(1).
Subandi, Z. E., & Sadono, T. P. (2018, September). Komodifikasi, spasialisasi, dan strukturasi dalam media baru di Indonesia (Ekonomi politik komunikasi Vincent Mosco pada Line Webtoon). In National Conference of Creative Industry.
Suhud, U., & Surianto, S. (2018). Testing the Costumers’ Purchase Intention of an Artificial Sweetener Product: Do Brand Image Have an Effect. Journal of Marketing Research and Case Studies, 1-11.
Surianto, & Johana, G. (2024). The influence of Exo as brand ambassador and Scarlett's brand image on Scarlett brand purchasing decisions. Journal of Social Science, 5(4).
Syaparudin, B., Arizal, N., & Handayani, R. (2023). Analisis pengaruh content marketing, influencer, dan media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan (MBT), 5(2), 78–83.
Vrontis, D., Makrides, A., Christofi, M., & Thrassou, A. (2021). Social media influencer marketing: A systematic review, integrative framework and future research agenda. International Journal of Consumer Studies, 45(4), 617-644. https://doi.org/10.1111/ijcs.12647
Yulita, H., Subandi, Z. E., & Kantawijaya, I. S. (2023). Pengaruh Lokasi Dan Pemasaran Digital Terhadap Minat Beli Kain Tenun Suku Baduy. Jurnal E-Bis, 7(2), 622-636