IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu Pembelajaran, Pembelajaran, Pendidikan DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mendeskripsikan implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil studi menunjukkan bahwa pelaksanaan MBS memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan mutu pembelajaran. Hal ini dicapai melalui penguatan peran kepemimpinan kepala sekolah, peningkatan kolaborasi yang efektif antar guru, serta keterlibatan aktif dari pihak orang tua dan masyarakat. Meskipun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala yang dihadapi, meliputi keterbatasan fasilitas sarana dan prasarana sekolah, serta adanya variasi dalam tingkat kompetensi yang dimiliki oleh guru. Sebagai rekomendasi, penelitian ini menyarankan adanya peningkatan kapasitas manajerial kepala sekolah dan optimalisasi peran komite sekolah. Langkah-langkah ini penting untuk mendukung terwujudnya mutu pembelajaran yang berkelanjutan dan lebih baik.
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118. https://doi.org/10.53625/joel.v1i12.3015
Fattah, N. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Remaja Rosdakarya.
Hasanah, N., Nur, M. A., Rahmatillah, S. A., Darwisa, D., & Putri, K. H. (2024). Analisis faktor penghambat dan upaya untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar negeri. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3162-3169. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3769
Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan Pendidikan. Kaukaba.
Ihsan, M., & Risma. (2025). Manajemen pendidikan & manajemen sumber daya manusia (MSDM) dalam perspektif dan implementasi ilmu pendidikan. Lingkar Edukasi Indonesia.
Ihsan, M., Jarkawi, J., Yuliansyah, M., & Anwar, K. (2023). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMAN 3 dan SMKN 3 Banjarbaru Kalimantan Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 248-255. https://doi.org/10.5281/zenodo.7625002
Mulyasa, E. (2021). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhayati, S., Sari, F. P., Judijanto, L., Fanani, M. Z., Sudarman, S., & Haris, H. (2025). Metodologi Penelitian dan Penulisan Tesis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.
Puspita, D. G., & Andriani, D. E. (2021). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama dan Permasalahannya. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 21-37. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1734
Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (2023). Inovasi pendidikan dalam meningkatkan strategi mutu pendidikan. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 01-12. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.303
Susanti, H. (2021). Manajemen pendidikan, tenaga kependidikan, standar pendidik, dan mutu pendidikan. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 33-48. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.254
Umam, M. K. (2018). Peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen peserta didik. AL-HIKMAH: Journal Of Education And Islamic Studies, 6(2), 62-76. https://ejournal.badrussholeh.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/74
Yin, R. (2018). Case Study Research and Applications. Sage Publications.








