IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu Pembelajaran, Pembelajaran, Pendidikan DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan MBS berpengaruh positif terhadap peningkatan mutu pembelajaran melalui penguatan peran kepala sekolah, kolaborasi guru, serta keterlibatan orang tua dan masyarakat. Namun, ditemukan pula sejumlah kendala, seperti keterbatasan fasilitas dan variasi kompetensi guru. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kapasitas manajerial kepala sekolah serta optimalisasi peran komite sekolah untuk mendukung mutu pembelajaran yang berkelanjutan
Referensi
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118. https://doi.org/10.53625/joel.v1i12.3015
Fattah, N. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Remaja Rosdakarya.
Hasanah, N., Nur, M. A., Rahmatillah, S. A., Darwisa, D., & Putri, K. H. (2024). Analisis faktor penghambat dan upaya untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar negeri. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3162-3169. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3769
Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan Pendidikan. Kaukaba.
Ihsan, M., & Risma. (2025). Manajemen pendidikan & manajemen sumber daya manusia (MSDM) dalam perspektif dan implementasi ilmu pendidikan. Lingkar Edukasi Indonesia.
Ihsan, M., Jarkawi, J., Yuliansyah, M., & Anwar, K. (2023). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMAN 3 dan SMKN 3 Banjarbaru Kalimantan Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 248-255. https://doi.org/10.5281/zenodo.7625002
Mulyasa, E. (2021). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhayati, S., Sari, F. P., Judijanto, L., Fanani, M. Z., Sudarman, S., & Haris, H. (2025). Metodologi Penelitian dan Penulisan Tesis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.
Puspita, D. G., & Andriani, D. E. (2021). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama dan Permasalahannya. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 21-37. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1734
Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (2023). Inovasi pendidikan dalam meningkatkan strategi mutu pendidikan. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 01-12. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.303
Susanti, H. (2021). Manajemen pendidikan, tenaga kependidikan, standar pendidik, dan mutu pendidikan. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 33-48. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.254
Umam, M. K. (2018). Peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen peserta didik. AL-HIKMAH: Journal Of Education And Islamic Studies, 6(2), 62-76. https://ejournal.badrussholeh.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/74
Yin, R. (2018). Case Study Research and Applications. Sage Publications.








