PENGARUH PENAYANGAN FILM SAYAP KECIL GARUDA DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT MAHASISWA UNTUK BELAJAR MATA KULIAH PANCASILA
Kata Kunci:
Film, Mahasiswa, Mata Kuliah Pancasila, Pancasila, Sayap Kecil GarudaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh genre film, kualitas film, dan ulasan film terhadap minat belajar mata kuliah Pancasila. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, studi ini menyajikan hasil berbasis data numerik dan statistik untuk menguji hipotesis secara objektif. Penelitian ini melibatkan pengukuran variabel menggunakan instrumen kuesioner pada responden, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan metode regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas, yaitu genre film “Sayap Kecil Garuda” (X1), kualitas film “Sayap Kecil Garuda” (X2), dan ulasan film “Sayap Kecil Garuda” (X3), secara simultan memberikan kontribusi sebesar 42,7% terhadap variabel terikat, yaitu minat belajar mata kuliah Pancasila (Y). Angka ini ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi atau R squared sebesar 0,427. Ini membuktikan bahwa film dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan minat belajar. Adapun sisa 57,3% dari minat belajar dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian ini, yang tidak termasuk dalam analisis regresi. Temuan ini menunjukkan potensi besar media visual seperti film dalam mendukung pendidikan karakter dan pemahaman nilai-nilai Pancasila.
Referensi
Andani, M. (2024). Implementasi Pendidikan Pancasila dalam Pendidikan Toleransi di Era Digital. Arini: Jurnal Ilmiah Dan Karya Inovasi Guru, 1(1), 33-43. https://doi.org/10.71153/arini.v1i1.85
Aulia, H. (2025). Perfilman Menelusuri Kontroversi: Film Indonesia yang Mendunia namun Dicekal di Tanah Air. SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies, 5(1), 8-24. https://doi.org/10.28926/sinda.v5i1.1852
Dewi, M. K. (2019). Moralitas dan Perilaku Curang. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 9(1), 438-453.
Istianah, A., Maftuh, B., & Malihah, E. (2023). Konsep Sekolah Damai: Harmonisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Education and Development, 11(3), https://doi.org/10.37081/ed.v11i3.5048
Jalali, M. A. (2018). Konsep Penyutradaraan dalam Produksi Film Dokumenter “Sayap Garuda (Tak) Patah” (Doctoral Dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).
Kartini, A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pendidikan Pancasila dalam Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Generasi Muda di Era digital. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(2), 405-418. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.136
Komalawati, E. (2017). Industri Film Indonesia: Membangun Keselarasan Ekonomi Media Film Dan Kualitas Konten. LUGAS Jurnal Komunikasi, 1(1), 1-18.
Mediarta, A., & Adnan, R. S. (2020). Precariousness Pada Creative Labour di Industri Film Indonesia. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 13(2), 25-34. https://doi.org/10.31334/jl.v1i1.101
Mutiah, S. (2021). Nilai Karakter dalam Film Sayap Kecil Garuda dan Relevansinya dengan Pendidikan Multikultural (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14629
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 128.
Pebriyanti, D., & Badilla, I. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Siswa di Kelas Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal elementaria edukasia, 6(3), 1325-1334. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6050
Pratiwi, N. T. (2021). Analisis Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter di SD Negeri 002 Tanjungpinang Barat. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(3), 439-449. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681214
Sa’adiyyah, A. M., Untari, A. D., & Islam, N. S. (2022). Implementasi Pendidikan Antikorupsi untuk Meningkatkan Moralitas Mahasiswa PPKN Universitas Sultan Ageng Tirtayasa:(Studi Deskriptif Terhadap Moral Knowing dan Moral Feeling). Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, dan Politik, 5(1), 87-96. https://doi.org/10.47080/propatria.v5i1.1630
Sartika, R., & Ndona, J. (2024). Peran Pendidikan Pancasila dalam Implementasi Pendidikan Karakter di Era 4.0. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 121-134. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19326
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41.
Tamami, A., Falah, S., & Rizal, S. (2020). Hubungan Pembelajaran Mata Kuliah Akhlak Islamiyah dengan Moralitas Mahasiswa. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 3(1), 1-14. https://doi.org/10.51192/almubin.v3i1.65








