PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN: STUDI ANALISIS PADA PT. SEMBAJA LAMPUNG

Penulis

  • Deddy Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Darul Ulum Lampung Timur Penulis

Kata Kunci:

Bisnis, Etika Bisnis Islam, Kinerja Perusahaan, Kinerja, Perusahaan

Abstrak

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk memberikan data yang terukur dan dapat dianalisis secara statistik, menghasilkan temuan yang objektif dan generalizable. Penelitian ini juga dipakai untuk menguji hipotesis, mengidentifikasi hubungan sebab-akibat, dan membuat prediksi. Dalam penelitian ini dilaksanakan Kuantifikasi data kualitatif, dengan jalan mengubah data yang bersifat deskriptif (tidak berupa angka) menjadi data kuantitatif (berupa angka). Tujuannya adalah untuk menganalisis data kualitatif menggunakan metode statistik dan metode analisis data kuantitatif lainnya. Dengan kata lain, data kualitatif yang semula berupa deskripsi, narasi, atau opini, diubah menjadi bentuk numerik sehingga bisa dihitung, diukur, selanjutnya dianalisis secara lebih sistematis. Penelitian ini sampai pada kesimpulan dimana Nilai R Square bernilai 41,3% yang berarti variabel penerapan EBI dalam penerapan etika bisnis Islam (X) berpengaruh terhadap kinerja (kinerja) perusahaan (Y) sebesar 41,3%, sedangkan 58,7% lainnya dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini juga merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya supaya menambahkan faktor-faktor lain yang perkirakan dapat mempengaruhi kinerja perusahaan semisal motivasi, kompensasi dan seterusnya.

Referensi

Apriliani, M. T., & Dewayanto, T. (2018). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan Terhadap Kinerja Perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, 7(1).

Bukhori, I., & Raharja, R. (2012). Pengaruh Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEI 2010) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis)

Djakfar, M. (2007). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Malang. UIN-Maliki Press.

Efendi, B., & Trihudiyatmanto, M. (2021). Peran Etika Bisnis Islam dalam Membangun Kinerja Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(1), 18-27.

Fauroni, L. (2008). Etika Bisnis dalam Al-Qur'an. Pustaka Pesantren.

Fauzia, I. Y. (2018). Etika bisnis dalam Islam. Prenada Media.

Hasoloan, A. (2018). Peranan Etika Bisnis Dalam Perusahaan Bisnis. Warta Dharmawangsa, 1(57).

Islam, A. (2023). Etika Bisnis Islam. Pasar Modal Syariah, 27.

Rahma, A. (2021). Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Sektor Non Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Kajian Akuntansi dan Auditing, 16(2), 149-163. https://doi.org/10.37301/jkaa.v16i2.48

Riananda, R. M. (2021). Penerapan Etika Bisnis Islam Untuk Meningkatkan Kualitas Kinerja Karyawan Perusahaan pada CV abdi Makmur Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(2), 109-122. https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n2.p109-122

Rizqiyah, A. F., & Yuliani, Y. (2022). Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Bmt Ugt Sidogiri Cabang Jombang. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 38-53. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v4i1.811

Rozhania, Z. N., Nawawi, K., & Gustiawati, S. (2022). Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Praktik Pemasaran Busana Muslim Studi pada Almeera Moslem Store Bogor. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(1), 129-140.

Saifullah, M. (2011). Etika bisnis Islami dalam praktek bisnis Rasulullah. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(1), 127-156.

Silviyah, N. M., & Lestari, N. D. (2022). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan UMKM. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 10(1), 96-112. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v10i1.295

Soumena, F. Y., & Sulastri, E. (2024). Properti Syariah Perspektif Konsep Pemasaran dan Etika Bisnis Islam. Journal of Waqf and Islamic Economic Philanthropy, 1(2), 1-19. https://doi.org/10.47134/wiep.v1i2.132

Umar, H. (2002). Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Diterbitkan

2025-09-07

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN: STUDI ANALISIS PADA PT. SEMBAJA LAMPUNG. (2025). Jurnal Humaniora Dan Sosial Sains, 2(3), 368-374. https://humaniorasains.id/jhss/article/view/150

Artikel Serupa

1-10 dari 23

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.