TRANSFORMASI DIGITAL LAYANAN PENDIDIKAN: INTEGRASI ADMINISTRASI PUBLIK DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DI ERA SMART GOVERNANCE
Kata Kunci:
Administrasi Publik, Layanan Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Smart Governance, Transformasi DigitalAbstrak
Transformasi digital menjadi faktor penentu dalam mendorong modernisasi layanan pendidikan pada era smart governance, di mana teknologi informasi berfungsi sebagai instrumen strategis untuk meningkatkan efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan layanan publik. Pendekatan pemerintahan yang berlandaskan kecerdasan digital menuntut keterpaduan antara prinsip administrasi publik dan praktik manajemen pendidikan guna membangun sistem tata kelola pendidikan yang adaptif, berbasis data, serta mampu merespons dinamika kebutuhan masyarakat. Artikel ini menelaah peran digitalisasi tidak hanya sebagai perangkat teknis, tetapi juga sebagai kekuatan transformasional yang membentuk kembali struktur, proses, dan arah kebijakan pendidikan. Temuan analisis menunjukkan bahwa efektivitas transformasi digital di sektor pendidikan ditentukan oleh empat faktor utama yaitu keselarasan kebijakan antarinstansi dan lintas level pemerintahan, ketersediaan serta pemerataan infrastruktur digital, peningkatan kompetensi dan literasi digital sumber daya manusia, termasuk aparatur dan tenaga pendidik, serta budaya organisasi yang mendukung inovasi, kolaborasi, dan pengambilan keputusan berbasis bukti. Keterhubungan antara administrasi publik dan manajemen pendidikan merupakan fondasi krusial untuk mewujudkan tata kelola pendidikan yang inklusif, efektif, dan berkelanjutan. Artikel ini memberikan kontribusi teoretis terhadap pengembangan pemahaman mengenai digitalisasi layanan pendidikan serta menawarkan implikasi kebijakan bagi pemerintah dalam memperkuat praktik smart governance.
Referensi
Biro Perencanaan Depdikbud. (1993). Manajemen pendidikan: Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan sumber daya pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Booth, W. C., Colomb, G. G., & Williams, J. M. (2008). The craft of research (3rd ed.). University of Chicago Press.
Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27–40. https://doi.org/10.3316/QRJ0902027
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Desak Putu B. T., Murjani, Syahrial S., & Ihsan, M. (2025). Inovasi pelayanan publik berbasis digital. Lingkar Edukasi Indonesia. https://www.lingkaredukasiindonesia.com/product/inovasi-pelayanan-publik-berbasis-digital/
Hart, C. (1998). Doing a literature review: Releasing the social science research imagination. Sage Publications
Ihsan, M., Jarkawi, J., Yuliansyah, M., & Anwar, K. (2023). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMAN 3 dan SMKN 3 Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 248–255. Retrieved from http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3761
Ihsan, M., Wahyudi, E., & Mumtazah, F. (2025). Implementasi manajemen berbasis sekolah pada peningkatan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Humaniora & Sosial Sains, 2(3), 428–433. Retrieved from https://humaniorasains.id/jhss/article/view/164
Ihsan, M., & Risma. (2025). Manajemen pendidikan & manajemen sumber daya manusia (MSDM) dalam perspektif dan implementasi ilmu pendidikan. Lingkar Edukasi Indonesia
Jaakkola, E. (2020). Designing conceptual articles: Four approaches. AMS Review, 10(1–2), 18–26. https://doi.org/10.1007/s13162-020-00161-0
Krippendorff, K. (2018). Content analysis: An introduction to its methodology (4th ed.). SAGE Publications
OECD. (2021). The E-Leaders Handbook on the Governance of Digital Government. OECD Digital Government Studies, OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/ac7f2531-en
OECD. (2021). The e-Leaders Handbook on the Governance of Digital Government. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/2523ea2c-en https://doi.org/10.1787/2523ea2c-en
OECD. (2023). OECD Digital Education Outlook 2023: Towards an Effective Digital Education Ecosystem. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/c74f03de-en https://doi.org/10.1787/c74f03de-en
OECD. (2023). OECD Digital Education Outlook 2023: Towards an Effective Digital Education Ecosystem. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/c74f03de-en
OECD. (2023). Country Digital Education Ecosystems and Governance: A Companion to Digital Education Outlook 2023. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/906134d4-en https://doi.org/10.1787/906134d4-en
OECD. (2023). Shaping Digital Education: Enabling Factors for Quality, Equity and Efficiency. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/bac4dc9f-en https://doi.org/10.1787/bac4dc9f-en
OECD. (2025). Policies for the Digital Transformation of School Education: Evidence from the Policy Survey on School Education in the Digital Age. OECD Publishing. (Working paper)
Prior, L. (2003). Using documents in social research. SAGE Publications
Risma, Raditia, & Ihsan, M. (2025). Implementasi kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun budaya disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Humaniora & Sosial Sains, 2(3), 434–437. https://humaniorasains.id/jhss/article/view/165
Rodríguez Bolívar, M. P. R., & Meijer, A. J. (2016). Smart governance: Using a literature review and empirical analysis to build a research model. Social Science Computer Review, 34(6), 673–692. https://doi.org/10.1177/0894439315611088
Schwartz, S. (2017). How to write a concept paper. Journal of Social Sciences Research, 3(2), 12–20
Webster, J., & Watson, R. T. (2002). Analyzing the past to prepare for the future: Writing a literature review. MIS Quarterly, 26(2), xiii–xxiii.








