PENGARUH PEMBELAJARAN PKN YANG BERORIENTASI PADA NILAI PERSATUAN INDONESIA TERHADAP SISWA KOLABORATIF SISWA DI SEKOLAH

Penulis

  • Sri Yunita Universitas Negeri Medan Penulis
  • Amkani Angelita Pakpahan Universitas Negeri Medan Penulis
  • Atika Wulandari Universitas Negeri Medan Penulis
  • Hughes Bazura Universitas Negeri Medan Penulis
  • Ulfi Khairani Zain Universitas Negeri Medan Penulis
  • Wirda Resinta Gultom Universitas Negeri Medan Penulis
  • Yutha N Manda Universitas Negeri Medan Penulis

Kata Kunci:

Pembelajaran PKN, Nilai Persatuan Indonesia, Pola Belajar, Karakter Siswa

Abstrak

Pembelajaran PKN tentunya memiliki pengaruh terhadap sikap kolaboratif siswa di sekolah. Oleh sebab itu di lakukan penelitian ini untuk mengeksplorasi pengaruh pembelajaran PKN yang berorientasi pada nilai persatuan Indonesia terhadap sikap kolaboratif siswa. melalui model pembelajaran ini diharapkan partisipasi aktif siswa meningkat. penelitian ini di lakukan di SMP N 35 Medan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan instruken kusioner dan teknik analisis data deskriptif, melalui guru dan murid sebagai subjek yang di tujukan. Dari hasil angket penelitian menyatakan siswa mengakui bahwa diskusi kelompok efektif dalam membantu mereka memahami nilai persatuan. sebagian besar siswa juga berpendapat bahwa pembelajaran PKN meningkatkan kemampuan mereka untuk menghargai pendapat teman, yang merupakan dampak positif terhadap sikap saling menghormati. namun di temukan juga siswa yang merasa kesulitan bekerja sama, terutama karena adanya perbedaan pola belajar dan karakter siswa. Oleh karena itu melalui penelitian ini diharapkan memberikan gambaran tentang peran pembelajaran PKN dalam membangun kolaborasi siswa.

Referensi

Erviana Anatasya, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 291-304.

Halimah, L. (2023). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Nasionalisme Peserta Didik Sekolah Menengah Kota Cimahi. PEDAGOGIA: JUrnal Ilmu Pendidikan, 209-224.

Idan I. Pakaya, D. I. (2019). Pembelajaran Kolaboratif Pada Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIKA, 15-26.

Murmanan, G. S. (2023). Melalui Gotong Royong dan Kolaborasi : Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 554-565.

Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terg]. (t.thn.).

Solihin Ichas HAmid, D. A. (2021). Implementasi Nilai Persatuan dan Kesatuan Bangsa dengan Model Pembelajaran Role Playing di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5731-5738.

Diterbitkan

2024-12-01

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENGARUH PEMBELAJARAN PKN YANG BERORIENTASI PADA NILAI PERSATUAN INDONESIA TERHADAP SISWA KOLABORATIF SISWA DI SEKOLAH. (2024). Jurnal Humaniora Dan Sosial Sains, 1(3), 342-346. https://humaniorasains.id/jhss/article/view/45

Artikel Serupa

1-10 dari 59

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.