PENGARUH SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU MELALUI KOMPETENSI DAN DISIPLIN KERJA (STUDI KASUS PADA SMK NEGERI KOTA MAKASSAR)

Authors

  • Herman Jelatu Author
  • Ulmi Azary Ramdani Author

Keywords:

Certification, Competence, Work Discipline, Teacher Performance

Abstract

The role of teachers cannot be separated from the achievement of national education goals, because success in education is closely related to their contribution. Teachers play an important role in determining the quality of education in Indonesia. This research aims to determine the effect of certification on teacher performance through competence and work discipline at SMKN in Makassar City. This research uses quantitative methodology. The population in this research is teachers at SMK Negeri Makassar who have been certified as many as 100 teachers. Data collection using questionnaires, observation and documentation, with data analysis methods involving descriptive analysis and path analysis. The results of the analysis obtained findings that; 1) certification has a real impact on teacher competence; 2) certification has a real impact on teacher competence; 3) certification has a real impact on teacher performance; 4) competence has a real impact on teacher performance; 5) work discipline has a real impact on teacher performance; 6) competence can mediate the effect of certification on teacher performance; 7) work discipline plays a role in mediating the impact of certification on teacher performance at SMKN in Makassar City.

References

Afandi, P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia : Teori, Konsep dan Indikator (Cetakan Ke). Yogyakarta: Zanafa Publishing.

Agustini, F. (2020). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia. Medan: UISU Press.

Ahmad, S., & Hodsay, Z. (2020). Profesi Kependidikan Dan Keguruan. Yogyakarta: Deepublish.

Alim, M. S. (2022). Mendongkrak Kompetensi Guru (Analisis Faktor-Faktor Determinan Yang Berpengaruh Terhadap Kompetensi Guru). Tangerang: Pascal Books.

Anam, C. (2020). Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Dirāsāt: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 40–56.

Anwar, M. H. M., & Rusmin, M. B. (2023). Etika Profesi Keguruan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arribathi, A. H. (2023). Sertifikasi Guru. In Book Chapter: Etika & Profesi Keguruan. Banten: Sada Kurnia Pustaka.

Ashlan, S., & Akmaluddin. (2021). Manajemen Kinerja Guru: Melalui Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Makassar: Yayasan Barcode.

Ashlan, S., Hambali, & Hartati, T. (2022). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Berprestasi Guru. Pasaman: CV. Azka Pustaka.

Aswara, R. E., Taufan, A., & Sarinah. (2022). Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ekopendia: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 7(2), 180–185.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Bogor: Penerbit Guepedia.

Darsana, I. M. (2023). Motivasi dan Disiplin Kerja. In Book Chapter : Dasar-Dasar Manajemen. Bali: CV. Intelektual Manifes Media.

Devitha, C. T. P., Baharuddin, F. R., & Purnamawati. (2021). Analisis Pengaruh Masa Kerja Dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi dan Kinerja Guru Produktif SMK Negeri di Kota Kendari. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1), 69–78.

Dewi, R. (2022). Pengaruh Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen. Jurnal Kebangsaan, 11(21), 15–20.

Efferi, A. (2021). Manajemen Pendidikan: Menyingkap Tabir Pengelolaan Lembaga Pendidikan. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Erniati. (2020). Evaluasi Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam. Malang: CV. Pustaka Learning Center.

Faozan, A. (2022). Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam melalui Supervisi Akademik, Diklat dan Partsipasi dalam Kelompok Kerja Guru. Serang: Penerbit A-Empat.

Fauzi, I. (2021). Etika Profesi Keguruan. Jember: IAIN Jember Press.

Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitriani. (2022). Disiplin dan Motivasi Kerja. In Book Chapter Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Franky, & Savira, R. (2021). Pengaruh Program Sertifikasi dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(1), 9–16.

Gusnita, E. (2019). Konstribusi Kompetensi Profesional dan Disiplin KerjaTerhadap Kinerja Guru SMA Negeri Se-Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau. Bintan: STAIN Sultan Abdurrahaman Press.

Hafidulloh, Iradawaty, S. N., & Mochklas, M. (2021). Manajemen Guru: Meningkatkan Disiplin dan Kinerja Guru. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.

Hayat, B. (2022). Sertifikasi Guru (Studi Dampak Kebijakan Sertifikasi terhadap Komitmen, Kepuasan Kerja, Motivasi, dan Kompetensi Guru). Jakarta: Bibliosmia Karya Indonesia.

Hazami, P. F., Barlian, B., & Asyiah, A. K. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru di SDIT Atikah Musaddad. Jurnal Rimba : Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1–19.

Hidayat. (2020). Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Banten: YPSIM Banten.

Huliatunisa, Y. (2022). Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Sukabumi: Jejak Publisher.

Husin, A., Witarsa, R., & Nurmalina. (2023). Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Profesionalisme dan Kinerja Guru Pada Jenjang Pendidikan Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4089–4098.

Ifnaldi, & Andani, F. (2021). Etika dan Profesi Keguruan. Bengkulu: CV. Andhra Grafika.

Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Indonesia. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan.

Irwansyah, M., & Nurhadi. (2020). Karakteristik Guru Perspektif Hadis Nabawi. Bogor: Penerbit Guepedia.

Jelatu, H., Maria, L., & Martin, J. (2023). The Influence of Level of Education, Training and Work Discipline on the Performance of Forestry Officials in Makassar. Journal Markcount Finance, 1(1), 47-59.

Jelatu, H. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Penempatan Kerja Pada KantorPT. Citra Bakti Persada Makassar. Sistematis: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 1(1), 49-59.

Jelatu, H., & Jewaru, M. (2024). OPTIMALISASI KINERJA ORGANISASI Sinergi Fasilitas Kerja, Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Kepuasan Kerjaa. AMERTA MEDIA.

Jelatu, H. (2023). The Influence Of Work Facilities And The Quality Of Human Resources On Employee Performance With Job Satisfaction As An Intervening Variable In The Population And Civil Registration Services Of Manggarai, East Manggarai And Manggarai West Districts. Jurnal Ekonomi, Pendidikan dan Perencanaan Pembangunan Daerah, 1(2), 16-25.

Jelatu, H., & Ibrahim, I. A. (2024). Bagaimana Pengaruh Pengawasan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Grand Papua Sentani. Economics and Digital Business Review, 5(2), 774-779.

Jelatu, H., & Ibrahim, I. A. (2024). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Kreatif Karyawan Melalui Teamwork dan Komitmen Kerja. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(4), 1816-1827.

Jamil, J. (2022). Etika Profesi Guru. Pasaman: CV. Azka Pustaka.

Joen, S., Purnamawati, & Amiruddin. (2022). Kinerja Guru Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru. Palu: Penerbit Magama.

Juwita, M., & Yudhyarta, D. Y. (2020). Pengaruh Sertifikasi terhadap Kedisiplinan Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(1), 139–150.

Kristanti, D., Charviandi, A., Juliawati, P., Harto, B., Astuti, T., Ginting, N., Rijal, Nurisman, H., Barlian, B., Patimah, T., Saprudin, Triono, F., Rambe, M. T., Mulyana, I. K. E., & Manap, A. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia. Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara.

Kuswardani, S. (2020). Implementasi Supervisi Pendiidikan. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Maisah, Sudiarti, S., Nugroho, A. D., & Bakar, A. (2019). Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di Madrasah. Journal of Management in Education, 4(2), 1–9.

Margareth, S. S. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pasuruan: CV. Qiara Media

Misbahuddin (2020). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit. Umum Arifin Nu'mang Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan

Nasution, I. (2022). Kompetensi Kepribadian Guru PAUD dan Upaya Pengembangannya. Medan: Perdana Publishing.

Nawawi, M. S. (2022). Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kompetensi, Motivasi dan Kesejahteraan Guru, Serta Pengaruh Ketiganya Terhadap Kinerja Guru (Suatu Kajian Studi Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Keuangan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 323–336.

Nurhayati, S. (2019). Supervisi Kepala Sekolah dan Kinerja Guru. Lampung: CV. Iqro.

Nurjannah, Razak, M., & Arfan, H. H. (2021). Pengaruh Tunjangan Sertifikasi, Profesionalisme dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kec. Pa’jukukang Kab. Bantaeng. Nobel Management Review, 2(4), 633–643.

Nurkholis. (2023). Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru, Teori dan Aplikasi. Indramayu: Penerbit Adab.

Prasetyo, F. I., Subroto, S., & Jalil, M. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia (Pendekatan secara Human Capital Management dalam Dunia Kerja). Pekalongan: Penerbit NEM.

Priansa, D. J. (2021). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Priyanti, A., Asri, & Jalante, A. (2021). Pengaruh Kompetensi, Manajerial Kepala Sekolah dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru MAN 2 Polewali Mandar. Jurnal Cash Flow, 2(1), 72–81.

Putri, Y. M. (2023). Perspektif Kinerja Guru Dari Sudut Pandang Supervisi Akademik Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah. Ponorogo: CV. Uwais Inspirasi Indonesia.

Rahmawati, Nuryadin, A., & Irwan, A. (2023). Pengaruh Kedisiplinan, Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Negeri Wilayah III Kecamatan Mambi di Sulawesi Barat. Jurnal Online Manajemen ELPEI (JOMEL), 3(1), 548–559. http://www.nber.org/papers/w16019

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.

Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Keguruan, 1(2), 92–102.

Rorimpandey, W. H. F. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kinerja Guru Sekolah Dasar. Malang: Ahlimedia Press.

Rozi, A. (2023). Meretas Kinerja Dosen Strategi Membangun Paradigma Baru Kinerja Dosen di Era 5.0. Cilegon: Penerbit Runzune Sapta Konsultan.

Rulitawati, Ritonga, A. H., & Hasibuan, L. (2020). Model Pengelolaan Kinerja Guru. Yogyakarta: Tunas Gemilang Press.

Saptutyningsih, E., & Setyaningrum, E. (2020). Penelitian Kuantitatif Metode dan Alat Analisis Dilengkapi Dengan Contoh Proposal Penelitian. Cetakan pertama,. Yogyakarta: Gosyen.

Sesriyani, L., Anwar, S., & Harlinda. (2022). Guru Sebagai Sebuah Profesi (Cintai Profesinya, Senangi Pengalamannya, Nikmati Kebahagiaannya). Tangerang: Pascal Books.

Setyaningsih, S. (2020). Manajemen Pendidikan Melalui Analisis Jalur (Path Analysis) dan Metode SITOREM. Bandung: Alfabeta.

Silaban, N. K. (2021). Perbedaan Kinerja Guru yang Sertifikasi dan Non Sertifikasi di SMP Negeri Kota Sibolga. Medan: Universitas Medan Area.

Sitti, M. K., Moonti, U., Maruwae, A., Hafid, R., & Mahmud, M. (2023). Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Economic and Business Education, 1(3), 49–58.

Suaedah, S. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional, Kompensasi, dan Disiplin terhadap Kinerja Guru. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(2), 177–181.

Sudarmono, Maisah, Fikri, A., & Hasanah, N. (2021). The Impact of Teacher Education on Teacher Attitudes. Dinasti International Journal Of Education Management and Social Science, 2(3), 535–553.

Sugita. (2023). Profesionalisme Guru Madrasah. Lombok Tengah: Penerbit P4I.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suherman, A. (2021). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru pada Lazuardi Global Islamic School. Journal of Management and Business Review, 18(3), 614–629.

Supriadi, I. (2022). Riset Akuntansi Keperilakuan : Penggunaan SmartPLS dan SPSS Include Macro Andrew F. Hayes. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Suryani, N. L. (2020). Manajemen Sumberdaya Manusia Konsep dan Praktek. Banten: Desanta Muliavisitama.

Susanti, E. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Berdasarkan Status Sertifikasi Pada SMK Di Kecamatan Sukarami Kota Palembang. Majalah Ilmiah Manajemen, 9(1), 22–33.

Suwanto. (2019). Budaya Kerja Guru. Lampung: Gre Publishing.

Sya’bani, M. A. Y. (2022). Profesi Keguruan Menjadi Guru yang Religius dan Bermartabat. Gresik: Caremedia Communication.

Syafruddin, Periansya, Farida, E. A., Tawaf, N., Palupi, F. H., Butarbutar, D. J. A., & Satriadi. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Batam: CV. Rey Media Grafika.

Taridala, S., & Anwar, R. (2023). Transformasi Edukasi: Mengoptimalisasi Kinerja Guru dan Kualitas Layanan Melalui Program Merdeka Belajar. Palu: Feniks Muda Sejahtera.

Tegar, N. (2023). Buku Pintar Manajemen Sumber Daya Manusia Cara Praktis Mengelola SDM dari Generasi Milenial hingga Generasi Alfa. Yogyakarta: Penerbit Anak Hebat Indonesia.

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2022). Tugas Guru Dalam Pembelajaran (Aspek Yang Memengaruhi). Jakarta: Bumi Aksara.

Wardan, K. (2019). Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Deepublish.

Wijaya, C., & Hidayat, R. (2022). Manajemen Kinerja (Pengelolaan, Pengukuran Dan Implementasi Di Lembaga Pendidikan). Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Yanita, P., & Muslim, I. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Sungai Penuh. Jurnal Ekonomi Sakti, 12(1), 57–67.

Yusuff, A. A. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja, Kemampuan Kerja, dan Kedisiplinan terhadap Kinerja Pegawai. Pekalongan: Penerbit NEM.

Zulqarnain, Hum, M., Al-Faruq, S. S., & Sukatin, S. (2021). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Downloads

Published

01-09-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU MELALUI KOMPETENSI DAN DISIPLIN KERJA (STUDI KASUS PADA SMK NEGERI KOTA MAKASSAR). (2024). Jurnal Humaniora Dan Sosial Sains, 1(1), 84-97. https://humaniorasains.id/jhss/article/view/27

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.